Water birth adalah proses melahirkan yang dilakukan di air dengan kondisi yang dibuat sedemikian rupa sehingga ideal dan nyaman untuk mengeluarkan bayi.Nah, kali ini Hipwee Wedding akan bahas secara singkat soal water birth yang dilakukan oleh Andien Aisyah, dilanjutkan dengan video proses kelahiran dengan water birth yang digali dari beberapa sumber.
Nb: sebagian dari video dalam post ini mungkin kurang nyaman dilihat oleh kamu. Siapkan jiwa raga dan lahir batin dulu ya.
Sebetulnya water birth sudah umum dilakukan di Indonesia. Andien Aisyah adalah salah satu ibu hamil yang mempopulerkan kembali metode melahirkan ini
![]() |
| Selamat ya, Andien via www.instagram.com |
Water birth dianggap punya keunggulan lebih membuat rileks, dan mempermudah kelahiran bayi
![]() |
| proses melahirkan di air |
Agar lebih paham bagaimana prosesnya, simak video berikut ini yuk.
Inilah video tentang kelahiran water birth. Awalnya memang terlihat si Ibu kesakitan, tetapi setelah bayinya lahir, semua terbayarkan
Tertutup dengan cairan vernix, inilah wujud bayi manusia ketika pertama kali menyentuh udara
Si bayi bertemu untuk pertama kalinya dengan keluarga. Ternyata begini rasa hangatnya
Bukan tak butuh bantuan, tapi ketika melakukan water birth, Ibu bebas untuk ‘menangkap’ bayinya dengan lebih nyaman
Melahirkan memang awalnya sakit, tapi ketika sudah selesai semuanya turut berbahagia, dan rasa sakit itu hilang
Melahirkan di air dianggap bisa membantu Ibu lebih rileks dan mudah dalam melahirkan
Jaminan deh, kamu pasti menanti saat-saat seperti ini bersama suamimu kelak
Airnya harus disesuaikan suhunya dulu sebelum dipakai untuk proses water birth
Dukungan suami itu penting. Terlebih ketika saat-saat Ibu mengejan
Hadirnya bayi dapat menghilangkan semua peluh lelah ketika menahan sakitnya Ibu melahirkan
Itulah beberapa video tentang melahirkan di air. Cara melahirkan adalah pilihan untuk setiap Ibu. Kamu pun kalau besok melahirkan kelak, harus cermat memilih mana yang sekiranya membuatmu nyaman. Konsultasikan juga dengan suami, keluarga, asuransi, dan kondisi keuangan kamu ya.
Semoga kelak persalinanmu lancar ya.



